Dompet Dhuafa Terpilih Jadi Mitra Program Pemulihan Paska Bencana APG Semeru

Lumajang, Jawa Timur–Dompet Dhuafa melalui Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa terpilih menjadi salah satu mitra program pemulihan (Recovery) pasca-bencana awan panas guguran (APG) Semeru oleh Pemerintah Daerah Lumajang¬† (31/12/2021).

Salah satu program pemulihan tersebut ialah pembangunan hunian sementara (huntara) bagi penyintas bencana APG Semeru.

Adapun peletakan pertama pembangunan huntara di Desa Sumbermujur dipimpin langsung oleh Thariqul Haq dan Indah Amperawati selaku Bupati dan Wakil Bupati Lumajang.

“Saya akan membuat surat keputusan terkait blok A (akan dibantu bangun oleh) siapa, Blok B siapa dan seterusnya atas konfirmasi masing-masing (mitra lembaga). Area utama memang fokus untuk fasilitas sarana umum, sosial, ibadah sekaligus olahraga, dan jalan utama. Masing-masing hunian akan disesuaikan dengan existing rumah sebelumnya. Karena warga meminta penyesuaian RT dan RW yang sama, “jelas Thariqul Haq. 

Sekitar 2.000 hunian akan dibangun dengan kerja sama berbagai mitra lembaga kemanusiaan seperti Dompet Dhuafa. Dalam satu hunian sementara akan meliputi kamar tidur, ruang tamu, dan kamar mandi.

“Dompet Dhuafa bersama rekan-rekan donatur memiliki komitmen untuk terus memberikan pelayanan dan bantuan yang terbaik bagi masyarakat terdampak dengan jangkauan program dari hulu hingga ke hilir. Salah satu komitmen tersebut ialah bekerja sama dalam pembangunan hunian sementara bagi penyintas APG Semeru, “pungkas Haryo Mojopahit selaku Chief Executive DMC Dompet Dhuafa melalui pesan singkat. Hingga kini berdasarkan laporan per 27 Desember, DMC Dompet Dhuafa telah memberikan layanan bagi penyintas bencana APG Semeru berupa SAR-Evakuasi, Pos Hangat (1.150 penerima manfaat), Dapur Umum (3.323 penerima manfaat), Dapur Keliling (1.300 penerima manfaat), Layanan Kesehatan (1.603 penerima manfaat), Pojok Laundry (175 penerima manfaat), Psychological First Aid /PFA (416 penerima manfaat), Potong Rambut (14 penerima manfaat), dan layanan WASH berupa pemberian tempat sampah serta Aksi Bersih Itu Sehat dengan total penerima manfaat mencapai 367 orang. Selain itu DMC Dompet Dhuafa juga membantu bangun Sumur Bor di Kajang Kosong, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro (AFP/DMC Dompet Dhuafa).